Penanganan Hama Ulat Gayak pada Tanaman Bawang Merah

Hama ini hampir pasti ada ketika melakukan budidaya bawang merah. Hama ini menyebabkan daun berlubang pada bagian ujung baik itu pada tanaman yang masih muda ataupun tua. Akibatnya daun bawang terlihat bercak-bercak putih dan daun menjadi terkulai. Jika populasi hama ini membesar, ulat akan memakan umbi. Biasanya hama ini menyerang ketika tanaman bawang merah berusia 35-40 hari.

Pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan beberapa cara,yaitu mencari lubang disetiap ujung daun dan memetiknya, tujuannya mematikan hama secara langsung. Cek selalu tanaman bawang merah agar populasi hama ulat tidak bertambah.

Selain pemusnahan secara langsung, anda dapat mengunakan penangkap feromon seks, feromon seks adalah sejenis zat kimia yang akan merangsang seksualitas hama jantan dan betina. Zat ini biasanya dimasukkan kedalam sebuah wadah yang tertutup dengan lunabang kecil tujuanya agar serangga dapat masuk danterjebak didalam wadah.

Apabila cara diatas sudah anda lakukan tetapi populasi hama semakin bertambah maka anda harus melakukan penyemprotan dengan insektisida yang telah direkomendasikan pemerintah.